Jumat, 21 Oktober 2016

RPP KTSP WRITING "POSTER"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
......................................................................................................................................................
Sekolah                                   : SMA NEGERI 6 BINJAI
Materi Pembelajaran            : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester                    : XI (Sebelas) / 1 (satu)
Tahun Pelajaran                   : 2016 - 2017
Materi Pokok                         : Short Functional Text “POSTER”
Skill                                         : Writing
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit

STANDART KOMPETENSI (SK)
Menulis
6.      Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR (KD)
6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR PENCAPAIAN & TUJUAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya & Karakter Bangsa:
·         Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif:
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).


1.      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa mampu merespons makna yang terdapat dalam teks fungsional pendek berbentuk poster
·         Siswa mampu menulis berbagai teks untuk komunikasi sehari-hari seperti poster dengan benar dan berterima

2.      MATERI PEMBELAJARAN
POSTER
A poster is any piece of printed paper designed to be attached to a wall or vertical surface. Poster is designed to be both eyes. Catching and to convey information. A poster is a large printed picture or a notice that is used to advertise something or to decorate room.
Example:


    
3.      METODE PEMBELAJARAN
Metode/Teknik            : CTL Cooperative Learning

4.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Opening
·         Guru memberi salam (greeting) dan mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.
·         Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
·         Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
·         Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional.
KEGIATAN INTI  (70 menit)
Exploration
·         Memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk poster.
·         Mendiskusikan materi bersama siswa mengenai teks tulis sederhana  berbentuk poster.
·         Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara tertulis mengenai teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk poster.
·         Siswa diminta membahas contoh mengenai teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk poster.
Elaboration
·         Membiasakan siswa membuat kalimat pertanyaan teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk poster.
·         Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan untuk dikerjakan secara berkelompok.
Confirmation
·         Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·         Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa.
·         Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
·         Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk poster.
PENUTUP (10 menit)
Closing
·         Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
·         Refleksi
·         Penugasan
·         Penyampaian materi untuk pertemuan berikutnya.

5.      SUMBER BELAJAR & Media
Sumber:
·         Buku Developing English Competencies for Senior High School Grade XI
·         Buku Interlanguage : English For Senior High School Students XI (Science & Sosial Study Programme)
·         Buku LKS
·         Internet
Media:
Media                          : Projector
Alat                             : Papan tulis, Paper, marker, handbook.














Lampiran Instrument
Instruments
Topic for group assignments

1)      Global Warming
2)      Healthy
3)      Go Green
4)      Education
5)      Bullying

Questions:

·         What’s the purpose of the poster?
·         To whom the poster dedicated?



















Lampiran Kunci Jawaban









6.      PENILAIAN
1. Tehnik Penilaian Sikap                    : Non test berupa pengamatan langsung
2. Pengetahuan                                    : Open test
3. Keterampilan                                   : Unjuk kerja (performance)

Pedoman Penilaian

·         Penilaian soal (isian, jawaban singkat)

  Skor Perolehan
Nilai Akhir (NA)         : -------------------  x  100
                    Skor Maksimal

·         Penilaian writing (unjuk kerja)

No.
Uraian
Skor

1.
2.
3.

Isi, langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah retorika dan tata  bahasa kurang tepat
Isi, langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat

81 – 100
61 - 80
0  -  60


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

Binjai, Oktober 2016

Mengetahui:                                        Disetujui:
Kepala Sekolah/                                  Guru Pamong                                      Praktikan,
Wakil Kepala/ PKS 1




Dra.Ika Prihatin ,MM                      Syaiful Bahri, M.Pd                          Inge Wahyuna S.
NIP.196501131994122001                NIP. 196310261990011001               NPM. 13033438

Tidak ada komentar:

Posting Komentar